Subscribe Us

Wamenparekraf Dorong Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Wisata dan Ekraf


Wisataohhwisata.com Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mendorong peningkatan dan penguatan tata kelola destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif (ekraf) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Hal ini disampaikan Angela dalam acara "Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Produk Ekraf Kabupaten Sidoarjo" di Hotel Luminor Sidoarjo, Minggu (11/2/2024).

"Tata kelola destinasi wisata dan ekonomi kreatif diperlukan dalam meningkatkan daya saing destinasi pariwisata dan produk dari daerah tersebut," kata Angela.

Angela mencontohkan kondisi pengrajin tas kulit di Tanggulangin yang sempat berjaya di tahun 1990an, namun kini kondisinya mulai redup.

"Pengrajin kulit di Tanggulangin ini perlu didorong dengan penguatan tata kelola usaha agar lebih baik. Bagaimana tanggulangin ini bisa menjadi destinasi pariwisata lagi ke depannya dan pusat ekonomi kreatif, pengrajin-pengrajin harus ada regenerasi," kata Angela.

Lihat Juga: Penginapan impian diskon 25%+ / 25% or more off your dream stay

Angela berharap bimtek ini dapat menampung aspirasi dan menyamakan pola pikir dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pelaku parekraf. Sehingga nantinya pemerintah dapat menghadirkan program yang tepat sasaran dan tepat manfaat.

Pada kesempatan itu, Angela juga membagikan tips kepada peserta bimtek agar produk yang dijualnya semakin berdaya saing.

"Kita harus yakin dengan produk kita. Dan produk kita juga harus konsisten kualitasnya. Selain itu, penting untuk memperkuat branding dan proaktif di era digital terutama dalam memasarkan produk," kata Angela.

Untuk mendukung pelaku parekraf agar bisa berdaya saing, Kemenparekraf/Baparekraf mengembangkan beberapa program. Di antaranya memberikan pelatihan dan pendampingan melalui re-skilling, up-skilling, dan new skilling dengan menghadirkan mentor yang kompeten di bidangnya.

"Kami banyak mengembangkan program di antaranya program Bedah Desain Kemasan (Bedakan), pelatihan online, dan bekerja sama dengan marketplace untuk bagaimana cara berjualan yang efektif di marketplace tersebut," kata Angela.

Lihat JugaEksplorasi destinasi Anda dan temukan hotel dengan harga terbaik

Angela menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama antara pemerintah, pelaku ekraf, dan berbagai pihak terkait untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sidoarjo.

"Mari kita bersama-sama membangun Sidoarjo menjadi destinasi wisata dan ekraf yang maju dan berdaya saing," kata Angela.

Banner IDwebhost

Posting Komentar

0 Komentar